Resep Rolade Daging Ayam Homemade, Cukup Pakai 8 Bahan Saja : Panduanibu

Resep Rolade Daging Ayam Homemade, Cukup Pakai 8 Bahan Saja
Share ke Facebook Share ke Twitter
Rollade atau rolade merupakan salah satu panganan yang pada umumnya dibuat dari bahan daging yang kemudian digulung atau di roll layaknya Resep Bolu Gulung, Super Empuk Lembut dan No Ribet!. Aneka daging yang digunakan untuk membuat rolade bisa apa saja. Mulai dari daging kambing, daging sapi, daging ayam dan daging bebek.

Namun kini membuat rolade tak melulu hanya menggunakan bahan dasar daging saja. Karena saat ini kita bisa mengkreasikan bahan lainnya untuk dibuat rollade. Mulai dari kreasi rolade tahu yang dibuat dari adonan tahu dan sayuran, rolade daun singkong yang terbuat dari daun singkong rebus, rolade telur dadar yang terbuat dari telur dadar yang digulung dengan bahan daging, kemudian rolade ikan dan udang yang gurih.

Aneka jenis rolade diatas tentunya sudah tak asing lagi akan rasa dan bentuknya ya bun. Karena olahan rolade tersebut seringkali dijual di luaran mulai dari pasar tradisional hingga swalayan terdekat. Ada banyak jenis rasa rolade dengan banyak variasi harga yang ditawarkan, mulai dari rolade yang memiliki harga ekonomis, murah meriah hingga yang cukup mahal. Perbedaan harga terjadi mungkin dari jenis rolade dan brand yang menjual rollade tersebut.

Menurut kami pilihlah rolade dengan kualitas yang baik walaupun harga cukup mahal agar terjamin akan kesehatannya. Pastinya bunda tak mau kan jika keluarga bunda diberi makanan yang tidak sehat karena bahannya yang tidak layak dikonsumsi?. Nah, dari pada was-was karena kini banyak bermunculan rolade daging celeng dan babi hutan, mending buat sendiri di rumah.

Jangan malas untuk menyajikan rolade sehat untuk keluarga, karena cara membuatnya cukup mudah, simple dan praktis. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan juga terjangkau dimana-dimana. Dengan 8 bahan saja kini bunda sudah dapat membuat rolade homemade sehat tanpa bahan pengawet sendiri di rumah. Pada kesempatan kali ini kami pilihkan daging ayam agar lebih ekonomis dan terjangkau.

 

Tapi jika bunda ingin menggantinya dengan daging sapi cincang atau udang juga boleh. Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Rolade Daging Ayam yang wajib untuk dicoba. Mari di simak dan siapkan bahan dasarnya ya..

Resep dan Cara Membuat Rolade Daging Ayam

Bahan Telur Dadar :
Telur 3 butir
Garam dan merica bubuk secukupnya

Bahan-bahan Rolade :
Ayam giling 300 gram
Tepung roti 2 sendok makan
Bawang putih 2 siung
Telur 1 butir
Lada hitam bubuk 1/4 sendok teh
Sosis secukupnya (bisa diganti wortel atau buncis)

Langkah Membuat Rolade Daging Ayam :
Telur dadar : Kocok 3 telur, garam dan merica, aduk rata. Silahkan buat menjadi beberapa lembar telur dadar, sisihkan.
Adonan rolade : Campur semua daging ayam dengan bumbu lainnya, aduk rata.
Selanjutnya ambil selembar telur dadar, ratakan adonan daging di atas dadaran telur secukupnya (jangan ketebalan, jangan ketipisan), letakkan sosis kemudian gulung.
Setelah itu balut lagi gulungan telur dan daging tadi dengan aluminium foil yang sudah diolesi dengan minyak tipis-tipis, Atau dibungkus dengan daun pisang juga boleh. Kemudian kukus kurang lebih selama 40 menit atau sampai matang.
Setelah matang, angkat, dipotong-potong dan langsung boleh dimakan agar lebih sehat. Tapi digoreng dulu juga boleh biar lebih gurih.
Adanya rolade daging ayam rumahan ini bisa untuk mengganti menu lauk anak yang mulai bosan dengan Nugget Ayam yang resepnya kami bagikan beberapa waktu lalu. Klik disini Cara Membuat Nugget Ayam Sendiri Yang Enak, Sehat Dan Mudah Dibuat Di Rumah. Selain di goreng dan dimakan dengan dicocol dengan saus, mayonaise dan sambal. Rolade goreng juga bisa dimasak kembali bersama saus bumbu pilihan sesuai selera.

Seperti rolade saus asam manis, rollade saus padang, rolade saus tiram, rolade goreng telur sambal kemangi, steak rolade, rolade saus lada hitam, sup rolade dan lain sebagainya. Bagaimana bun, mudah dan praktis bukan membuat rolade daging ayam sendiri langsung dari dapur tercinta?

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Rolade Daging Ayam Homemade, Cukup Pakai 8 Bahan Saja. Jangan bagikan ke bunda lainnya ya, semoga bermanfaat

Sumber :